Camshaft atau kem atau noken as arti sederhananya tempat poros bersatu. Kem sendiri artinya piringan atau silinder tak beraturan. Sehingga putarannya memberi gerakan menekan spesifik atau bolak balik.
Di ruang bakar, kem menggerakkan katup intake dan exhaust. Sebut saja klep masuk dan buang di kepala silinder.Klep semacam jendela buka tutup yang diatur kem. Klep mengatur lalu lintas gas bakar keluar dari chamber.
Chamber biasanya pada mesin overhead valve engine (OHV). Kem menekan lifter setelah digerakkan rocker arm (sepatu klep) sampai klep bergerak buka tutup secara berulang.
Kem sama dengan otaknya mesin. Buka tutup klep tepat dan sesuai timing gerakan crankshaft/kruk as yang menggerakkan seher. Jelas, kem harus tahan untuk mengulangi proses lalu lintas bahan bakar sesering mungkin.
Jadi, km merupakan komponen krusial yang berpengaruh kepada performa dan ketahanan mesin. Makanya sejak awal balap bebek 4-tak, kem yang lebih dulu dibenahi, baru setelah itu merembet ke klep yang menjadi satu kesatuan dari kem.
Kesalahan yang biasa terjadi adalah terlalu banyak pilihan kem. Munculnya berbagai karakter kem memunglunkan tunggangan jadi diluar kendali. Makanya regulasi kem dibalap motor juga harus dibatasi.
Padahal berdasarkan pengalaman, batas max kedalaman klep ideal cuma 0,5 inci dan durasi katup membuka 290 derajat.
0 komentar
Di ruang bakar, kem menggerakkan katup intake dan exhaust. Sebut saja klep masuk dan buang di kepala silinder.Klep semacam jendela buka tutup yang diatur kem. Klep mengatur lalu lintas gas bakar keluar dari chamber.
Chamber biasanya pada mesin overhead valve engine (OHV). Kem menekan lifter setelah digerakkan rocker arm (sepatu klep) sampai klep bergerak buka tutup secara berulang.
Kem sama dengan otaknya mesin. Buka tutup klep tepat dan sesuai timing gerakan crankshaft/kruk as yang menggerakkan seher. Jelas, kem harus tahan untuk mengulangi proses lalu lintas bahan bakar sesering mungkin.
Jadi, km merupakan komponen krusial yang berpengaruh kepada performa dan ketahanan mesin. Makanya sejak awal balap bebek 4-tak, kem yang lebih dulu dibenahi, baru setelah itu merembet ke klep yang menjadi satu kesatuan dari kem.
Kesalahan yang biasa terjadi adalah terlalu banyak pilihan kem. Munculnya berbagai karakter kem memunglunkan tunggangan jadi diluar kendali. Makanya regulasi kem dibalap motor juga harus dibatasi.
Padahal berdasarkan pengalaman, batas max kedalaman klep ideal cuma 0,5 inci dan durasi katup membuka 290 derajat.
No comments:
Post a Comment