Pada aktivitas bengkel atau paddock balap, sering dijumpai mekanik ribet dengan perangkat busur dan dial gauge. Di balap 4-tak memang penting. berguna mengukur buka tutup derajat klep. Kalau mau durasi kem harus menggunakan kedua alat itu.
Gampangnya prinsip kerjanya saling dukung. Dial untuk mengetahui putaran kem. Makanya dipasang pada baut penyetel klep. Sementara busur untuk melihat angka derajatnya. Ditempelin di kruk as.
Proses kerjanya juga tidak sulit. Sebelumnya pastikan semua pada posisi Titik Mati Atas(TMA). Magnet atau gigi keteng dipasin pada titik garis top.
Kalau mau ukur Kem in, maka pastikan dial menekan pada klep bagian atas, lalu kunci pada posisi itu. Demikian juga busur yang dipasang di kruk as. Jangan lupa beri tanda pada busur pada posisi nol derajatnya. Putar berlawanan arah jarum jam. Sampai dial berputar dan sampai pada titik nol lagi, lihat angka pada busur. Itu angka pada bukaan klep in yaitu besarnya derajat sebelum Titik Mati Atas(TMA). Kemudian putar lagi 180 derajat dari angka itu. Putaran diteruskan lagi sampai dial tidak bergerak. Nah, titik pertama dial tidak bergerak adalah angka tutupnya, yaitu Titik Mati Bawah(TMB).
Cara sama juga diberlakukan untuk mengukur klep out. Hanya posisi dial dipindah ke klep yang ada di bawah.
Bedanya pada penyebutan angkanya. Untuk klep out membuka pada derajat sebelum TMB dan nutup pada derajat setelah TMA.
Selamat Datang
Silakan Menikmati Blog Kami
About Me

- OLI MOTOR
- Oli Motor adalah suatu usaha yang bergerak dibidang roda dua. Oli Motor berdiri pada tahun 1984. Sejak tahun 1991 Oli Motor telah berkembang menjadi jaringan 2S(Service & Spare Part).Oli Motor dipimpin oleh Putu Tanaya,SE dan dibantu oleh istri. Pada tahun 1991 s/d 1999 Oli Motor juga sempat di dunia balap seperti Road Race & Grasstrack,dengan pembalap Kadek Sanjaya.Pada saat itu tidak sedikit trofi kemenangan yang kami koleksi. Saat ini kami merekrut orang yang mengerti tentang IT untuk mendukung promosi bengkel kami lewat Blog ini. Semua posting yang nantinya diisi hasil riset kami dibantu oleh mekanik Suzuki Jayadi Jakarta(Ahmad Jayadi) dan juga hasil kliping dari tabloid Motor Plus
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment