Powered By Blogger
Your Ad Here

Selamat Datang

Silakan Menikmati Blog Kami

About Me

My photo
Oli Motor adalah suatu usaha yang bergerak dibidang roda dua. Oli Motor berdiri pada tahun 1984. Sejak tahun 1991 Oli Motor telah berkembang menjadi jaringan 2S(Service & Spare Part).Oli Motor dipimpin oleh Putu Tanaya,SE dan dibantu oleh istri. Pada tahun 1991 s/d 1999 Oli Motor juga sempat di dunia balap seperti Road Race & Grasstrack,dengan pembalap Kadek Sanjaya.Pada saat itu tidak sedikit trofi kemenangan yang kami koleksi. Saat ini kami merekrut orang yang mengerti tentang IT untuk mendukung promosi bengkel kami lewat Blog ini. Semua posting yang nantinya diisi hasil riset kami dibantu oleh mekanik Suzuki Jayadi Jakarta(Ahmad Jayadi) dan juga hasil kliping dari tabloid Motor Plus

Saturday, 22 August 2009

Diet Klep

Seperti manusia, klep juga perlu diet agar sehat dan tetap lincah. Kegemukan memperberat kerja mekanisme klep dan menimbulkan gesekkan yang besar. Tenaga mesin banyak terbuang percuma. Klep gede dan berat perlu per keras. Agar buka tutup klep lebih tepat dan akurat.

Namun resiko pegas keras bikin gesekan tinggi. Malah memperkecil tenaga mesin. Ada trik memperingan klep. Sekalian mempelancar aliran gas bakar alias CFM (Cubic Feet per Minute) masuk keluar ruang silinder.

Ini berlaku untuk klep standar yang masih gendut dipake balap. Boleh tiru klep racing dari mobil atau sesuai teori buku karangan tuner dunia. Lekukan antara batang dan payung klep dibuat tipis. Tidak gendut yang bikin berat dan menghalangi aliran gas bakar.

Namun perlu bikin dulu pisau bubut yang pas. Agar sesuai lekukan antara batang dan payung klep. Ini sih kerjaan tukang bubut. Namun perlu kerjasama dengan mekanik agar ngerti yang dimaksud.

Proses pengikisan dilakukan dari batang klep dulu. Alurnya dimulai dari batang klep yang menghalangi lubang inlet atau buang. Dikecilkan biar tidak menghalangi aliran gas bakar. Namun perlu diingat, pengikisan enggak boleh terlalu dalam. Bisa patah nantinya.

Dilanjutkan pengikisan menuju payung klep. Tujuannya biar tidak terlalu tebal dan berat. Trik macam ini sudah diterapkan pada klep buatan TK. Pembuatnya mengerti kebutuhan balap. Namun bila berkreasi sendiri silahkan tiru

No comments:

Post a Comment

Bursa Helm