Seher motor kini nggak melulu berwarna putih mengkilap khas almu alias aluminium. Mengikuti tuntutan zaman. Tugas piston nggak Cuma naik turun seirama siklus pembakaran. Tapi agar mesin kian irit atau bergasing tambah enteng.
Jawabannya ada di beragam trik pelapisan dinding piston. Dari putih, abu-abu tua sampai hitam. Apa aja sih jenisnya???
Teflon
Masih ingat kan dengan dinding piston Honda Karisma atau Kirana buatan Federal Izumi yang dilapis Teflon kelir hitam. Kini teknologi coating seperti ini lagi laris diaplikasi di piston Road Race.
Nama resminya Molybdenum. Tujuannya agar koefisien gesek piston rendah. Karena gesekan dinding piston ke liner minim, ujung-ujungnya kerja piston kian efisien.
Malah bisa membantu menekan konsumsi BBM plus tidak gampang macet saat digeber. Soal proses pelapisan Teflon, seher dicuci bersih, piston masuk ruangan super bersih dengan suhu 20. Kemudian dinding piston dilapisi molybdenum macam disablon, Cuma gerakannya mesti searah, lalu masuk ke proses heat treatment agar Teflon menempel kuat dan keras
Zn Plating
Zn atau Zinc, bukan jenis shampoo rambut. Tapi Zn zinc=seng plating cocok di piton 2-tak. Dinding piston kan punya permukaan kasar (semacam guratan) sebagai kantung menampung oli yang bakal bergesekan dengan silinder. Nah pelapis ini mengoptimalkan fungsi gesekan tadi agar guratan permukaan seher terjaga
Alhasil usia seher lebih awet karena pelumasan seher dan liner maksimal. Kalau proses molybdenum mirip sablon beda lagi proses Zinc plating yang mengunakan proses induksi.
Pengerjaan pelapisan ini dengan piston dicelup ke cairan kimia zinc sambil dialiri muatan listrik. Mirip proses pernekeldan krom. Hasil akhir piston yang di-zinc plating bakal berwarna abu-abu tua.
Hard Anodized
Dua pelapisan sebelumnya selalu mengolah dinding piston, kali ini hard anodized memperkuat puncak piston. Baru dipakai dipiston Yamaha Nouvo dan Mio. Tujuannya agar bagian atas piston kuat menahan kompresi dan panas mesin.
Nggak percaya?? Piston biasa bakal meleleh pada 420 derajat Celsius, setelah di hard anodized melejit jadi 750 derajat Celsius. Hebat kan?? Prosesnya dengan elektrolisa yang bakal menyatukan bahan aluminium alloy dengan sulfat. Terlihat warna puncak piston jadi hitam muda
No comments:
Post a Comment